Berita Tersiar, Sumpah PPS Berlanjut

ceritawarga.com

Ilustrasi pengambilan sumpah

Ceritawarga.com,Bireuen |Suasana kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten Bireuen,lebih sibuk belakangan ini. Rabu,10 April 2019 kemarin sejumlah orang berkemeja putih dengan celana hitam pada pukul 13.00.sudah bersiaga di sepanjang halaman depan kantor KIP.

"Jam berapa kita kira-kira dilantik, " Ucap pria ber kemeja putih tersebut, kepada teman nya disamping.demikan percakapan mereka sempat terdengar ceritawarga.com.

Tidak banyak yang tahu, sebelum berita tersiar media ini dengan judul (Baca: Ditanya Soal Jumlah PPS Yang Di PAW, Komisioner KIP Bireuen Saling Lempar)

semenjak akhir tahun 2018 lalu, sampai April 2019 KIP Bireuen sudah melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di kabupaten Bireuen.

Menjelang acara pengambilan sumpah PPS tersebut, Muhammad Basyir salah komisioner KIP Bireuen juga membenarkan sebagian orang yang mengunakan kemeja ini akan di lakukan ikrar sumpah.

"Mereka akan kita lantik sebentar lagi, jumlah mereka sekitar 34 orang, mereka ini PPS PAW dengan berbagai alasan, karena ada yang sudah mengundur kan diri, meninggal dunia dan tidak berada ditempat lokasi tempat tinggal, " Jawab Pria yang kerap disapa Tengku Basyir.

Dibagian lain percakapan dengan komisioner KIP Bireuen ini,yang berlatar belakang santri diantara nya "apa pun keterangan yang diberikan pasti saya percaya apa lagi anda seorang Tengku, gak mukin anda berbohong tapi apa motif 34 orang PPS ini baru dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah hari ini.sedangkang mereka sudah menjalan kan tugas mereka, sebagian beberapa berita acara pleno, sudah ditandatangani seperti pleno Daftar pemilih tetap (DPT) ditingkat desa,apakah ini gak berpengaruh kepada indikasi cacat hukum proses pemilu di kemudian hari, "tanya cerita warga dengan gaya bercanda

Muhamad Basyir hanya diam dan memilih senyum tanpa menjawab pertanyaan tersebut.

Jika mengacu pada undang -undang pemilu nomor 7 tahun 2017 salah satu ayat menjelaskan sebelum menjalankan tugas angota PPS harus mengucapkan Sumpah janji, kemudian ketika mengutip
PKPU no 3 tahun 2018 tentang pembentukan tata kerja PPS pada pasal 62 juga menyebutkan sebelum menjalan kan tugasnya anggota PPS harus mengucapkan sumpah janji.

Kabar yang di peroleh pada sumber terpercaya setelah tersiar berita yang di lansir ceritawarga.com sebelumnya, salah satu komisioner  KIP kabupaten Bireuen,sibuk menelpon para Panitia kecamatan untuk mengundang para PPS yang ada di wilayah mereka untuk hadir agar di lakukan pelantikan(*)