Mau Hapus Tato Gratis? Syaratnya Cuma Hafal Surah Ar Rahman

ceritawarga.com

Program Hapus Tato (Foto/merdeka.com)

ceritawarga.com|Ratusan warga berduyun-duyunke Jalan Swadaya, Makassar, Sabtu (22/6)kemarin, tempat pelaksanaan kegiatan hapus tato gratis yang diselenggarakan oleh Masyarakat Hijrah Tanpa Nama (Mahtan) bekerja sama dengan Berani Hijrah Baik dari Jakarta.

Di antara mereka, selain dari Makassar, ada pula dari Sorong Papua, Enrekang Sulsel dan Mamuju Sulbar. Mereka yang datang bukan hanya laki-laki, namun juga perempuan.

Syarat menghapus tato gratis ini adalah setiap peserta diwajibkan menghafal Surah Ar Rahman berapapun ayatnya.

Selain panitia, kegiatan ini juga didampingi sepuluh dokter ahli baik dari Jakarta maupun Makassar. Rata-rata adalah dokter ahli kulit dan kelamin. Acara berlangsung selama dua hari dalam seminggu, yaitu setiap hari Sabtu dan Minggu dan berakhir hingga jumlah peserta terlayani semua.

Salah satu dokter, Abdul Azis menuturkan, jumlah peserta di luar estimasi. Dari perkiraan 30 hingga 50 orang, mencapai 230 yang berasal dari berbagai daerah.

Semua digratiskan mulai dari pemeriksaan kesehatan HIV, hepatitis dan kadar gula hingga obat.

Kegiatan hapus tato ini berawal keinginan dari para peserta untuk memperbaiki amalan agama.

"Dari situlah kami mencari tahu caranya bagaimana. Suatu hari kami bertemu kawan dari Berani Hijrah Baik. Ternyata mereka telah dua tahun jalankan program hapus tato gratis itu. Kami pun berkolaborasi untuk menghelat kegiatan serupa di Makassar. Surah Ar Rahman jadi syaratnya karena lebih mudah dihafal dan isinya memuat tentang kasih sayang dan kisah-kisah. Semoga ini awal bagi saudara-saudara kita untuk mempelajari Al Qur'an," jelasnya seperti dilansir Merdeka.com

Salah satu peserta, Abdul Rahman (38) mengaku bertato karena pengaruh lingkungan di masa muda. "Saya merasa kotor dengan tato di lengan saya ini. Saat saya berusaha jadi lebih baik lagi, selalu saja ada stigma buruk karena tato ini. Saya bersyukur ada kegiatan hapus tato ini. Saya senang dengan syarat Surah Ar Rahman karena dengan begitu saya bisa menambah-nambah hafalan saya, meski sampai saat ini Surah Ar Rahman yang saya hafal baru sampai ayat 13," ujar duda tanpa anak ini.(*)