Mahasiswa Jepang Ceritakan Kesan Tentang Islam dan Aceh

ceritawarga.com
Mahasiswa NGU yang tiba di Umuslim

CERITAWARGA.com, BIREUEN | Salah satu mahasiswa Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang, Haruna yang baru tiba di Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, Aceh beberapa hari lalu menceritakan kesannya tentang Aceh dan Islam.

Ia mengaku terkesima dengan agama Islam dan masyarakat muslim. Menurut dia, sisi negatif tentang Islam dan muslim yang selama ini muncul tidak benar.

"Sebelumnya, kami mendengar sisi negatif dari Islam, tapi setelah kami disini dan mengenal mahasiswa dan orang-orang yang beragama Islam, ternyata Islam itu tidak seperti yang di ceritakan orang diluar sana," Kata Haruna, mahasiswa NGU yang dikutip media ini pada, Rabu (21/8).

Sebelumnya, hal itu disampaikan Haruna saat menggelar diskusi singkat tentang kesannya setelah sampai di Umuslim, Peusangan, Bireuen, Aceh yang berlangsung pada Selasa 19 Agustus 2019 lalu di Gedung ACC Ampon Chik Peusangan.

Menurut Haruna, Islam sangat menghormati dan menghargai semua orang, termasuk dengan yang non muslim sekalipun.

"Wanita yang beragama Islam itu cantik-cantik dengan menggunakan hijab dan yang menggunakan cadar," tutur Haruna.

Sementara itu Muhammad Dian, Presiden Mahasiswa Umuslim, dalam diskusi singkat menjelaskan sedikit banyaknya tentang budaya yang ada di Aceh.

"Mereka belajar banyak disini, seperti, bertegur sapa ketika bertemu dengan teman, mengawali semua kegiatan dengan bismillah dan selalu menggunakan hijab bagi para mahasiswi," ujar Muhammad Dian. [ ]