Polisi Selidiki Keterlibatan KKB di Aceh dengan Kelompok ISIS

ceritawarga.com

Komplotan KKB Aceh (Foto:KBRN)

Ceritawarga.com,Banda Aceh | Polda Aceh masih melakukan penyelidikan aksi kejahatan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Aceh, termasuk keterlibatan dengan ISIS atau kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah.


Baca :Wulan Guritno Merasa Tidak Aman Tinggal di Jakarta, Kenapa?

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan, sejauh penyelidikan yang telah dilakukan hingga saat ini, kelompok KKB pimpinan Abu Razak yang tewas ditembak polisi pada 19 September 2019 lalu tidak belum mengarah kepada kelompok ISIS, mereka hanya terlibat sejumlah aksi kriminal.

"Itu masih upaya penyelidikan ya, sampai sekarang belum kita temukan itu (soal keterlibatan dengan ISIS). Ini masih dalam pemeriksaan apakah yang bersangkutan ada terlibat atau tidak," kata Ery di Banda Aceh, Jumat (11/10/2019).


Baca :Wow, Ladang Ganja Mike Tyson Beromzet Rp7,1 Miliar Per Bulan

Menurut Ery, sejumlah aksi kejahatan yang dilakukan kelompok KKB pimpinan Abu Razak seperti pencurian dengan kekerasan, penculikan dan perampokan.

"Yang sekarang kita lakukan penyelidikan adalah soal keterlibatan kriminal bersenjata, karena punya barang bukti senjata dan track recordnya melakukan tindakan-tindakan pidana," ujarnya.

"Sejumlah kejatahan yang dilakukan curas, perampokan, yang R (Abu Razak) ini sudah kita catat track recordnya melakukan sejumlah aksi kriminal dan kekerasan termasuk penculikan di Bireun," tambahnya.

Pihaknya, kata Ery, juga melakukan penyelidikan kepemilikan senjata api yang disita oleh aparat kepolisian pasca terjadi kontak tembak di Pidie Jaya, maupun dari pelaku yang telah menyerahkan diri.

"Kalau asal senjata kita selidiki juga, yang jelas didapatkan secara ilegal," tegasnya.

Saat ditanya soal video Abu Razak yang beredar soal pendeklarasia kemerdekaan Negara Aceh Darussalam, Ery menyebutkan, masih melakukan pendalaman tentang video tersebut.

"Kalau video soal mendeklarasikan negara Islam Darussalam, itu perlu penyelidikan lagi ya, tidak ada kaitannya. Karena itu kasus murni kriminal bersenjata dan melakukan tindakan kejahatan," ungkapnya.

Baca :Jembatan Gantung di Samadua Terputus, Rafli Lakukan Koordinasi dengan Kementerian


Ery menegaskan hingga kini Satgas KKB Polda Aceh masih terus melakukan pengejaran terhadap kelompok KKB yang masih buron, jumlahnya pun belum bisa diperkirakan. Sementara yang sudah ditangkap hidup-hidup ada dua tersangka dan kini telah ditahan di Mapolda Aceh yaitu Wan Neraka dan WAN Ompong.

"Tim Satgas KKB masih melakukan pengejaran, jumlahnya belum bisa kita tentukan. Yang jelas kita serius menangani kasus ini karena ini adalah masalah kejahatan yang luar biasa," tegas Kombes Pol Ery Apriyono, Kabid Humas Polda Aceh.

Sumber:KBRN