Sawah Tercemar Air Limbah Pasar,Beginilah Nasib Petani Di Gandapura

ceritawarga.com

Kondisi saluran yang tertimbun

CERITAWARGA.COM, BIREUEN |sekitar 20 hektar lahan sawah milik petani Blang Keude, Kecamatan Gandapura,tidak bisa di gunakan karena tercemar air limbah saluran pasar pusat kota Gandapura.

Nurdin Ismail Salah satu warga kepada Media ini,Kamis (17/10)mengatakan,lahan sawah milik warga tidak bisa digunakan karena bau tidak sedap serta tergenang setiap hari oleh air limbah pasar tersebut. 

Ia mengatakan,sejak 10 tahun yang lalu saluran pembuang tersebut sebelum tertimbun saluran pembuangan tersambung sampai ke Krueng Leubu.

"Akibat saluran tersebut ditimbun sehingga air dialirkan ke sawah milik Petani terjadi penyempitan saluran,akibat nya puluhan hektar sawah tidak bisa digunakan sehinga membuat petani merugi," Keluh warga tersebut.

Beda hal nya dengan kheuchik Blang Keude,Munzir. Ia sangat berharap kepada pemerintah, bisa kembali membuat saluran pembuang yang terhubung kembali dengan krueng leubu sehingga sawah warga kembali bisa digunakan.

"Kalau permohonan kami tidak direspon, kami sudah sepekat dengan masyarakat akan melakukan penimbunan saluran yang mengarah ke pemukiman kami.Itu kami lakukan untuk kemaslahatan masyrakat Blang Keude" Tegas Munzir.