Kampaye Publik Perlindungan dan Pelestarian Tumbuhan Melalui Peringatan HCPSN

ceritawarga.com

Penyerahn Tong Sampah Oleh Dinas Lingkungan Kepada Sekolah SD Negeri 11 Langkahan

CERITAWARGA.COM, BIREUEN | World Wide Fund (WWF) bekerja sama dengan Forum DAS Krueng Peusangan (FDKP) dan Balai Syura melalui program Shared Resources, Joint Solutions (SRJS) sedang melakukan pendampingan program ESD di kawasan DAS Peusangan-Jambo Aye-Tamiang. Kegiatan ini dilakukan mulai dari 07 hingga 16 November 2019.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk kampaye publik perlindungan dan pelestarian tumbuhan serta satwa, yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan Hari Cinta Puspa dan Satwa.

Dalam kegiatan ini ada empat sekolah yang dilibatkan dengan tiga kabupaten/kota. Kabupaten Aceh Utara yaitu SD Negeri 11 Sawang dan SD Negeri 8 Langkahan, Kabupaten Bener Meriah yaitu SMP Negeri 1 Syiah Utama Samarkilang serta Kota Langsa yaitu SD Negeri 9 Kuala.

Baca juga 3 SD di Lansekap PJT Ikut Pelatihan Kewirausahaan Hijau 

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu dengan memberi pengetahuan mengenai satwa liar dan keanekaragaman hayati kepada anak didik dan seluruh warga sekolah. Bukan hanya itu kegiatan ini juga dilakukan dengan pengadaan beberapa lomba untuk anak-anak serta lomba memasak untuk dewan guru.

“Kegiatan ini  pada pengenalan satwa liat dan tumbuhan, bukan hanya itu mereka juga diajarkan mengenai perlindungan lingkungan dengan cara mengenali jenis sampah dan tata efek apa yang terjadi jika kita terlalu banyak mengunakan suatu bahan yang tidak ramah lingkungan” Ungkap Nurmulya Sapittri selaku korrdinator lapangan bagian Aceh Utara.

Ia juga menambahkan dalam kegiatan ini bukan hanya WWF, FDKP dan Balai Syura saja yang terlibat namun juga mengundang kawan-kawan dari Duta Lingkungan Aceh serta Forum Anak. [ ]