Sate Tumin Bugak, Sang Juara Festival Sate Matang 2019 Yang Kian Tenar

ceritawarga.com

SATE Tumin Bugak kian tenar setelah ia merebut juara pertaman Festival Sate Matang tahun 2019 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh pada Sabtu, 30 Maret 2019 lalu di Lapangan Galacticon, Bireuen. Pelaksanaan Festival Sate Matang bukan tanpa alasan, pasalnya Sate Matang merupakan salah satu kuliner yang terkenal.

Baca Pemerintah Aceh Dukung Kuliner ‘Sate Matang’ 

Pada bulan Ramadhan 1441 Hijriah/ 2020 masehi, Sate Tumin menjadi menu favorit berbuka puasa bagi warga Jangka dan sekitarnya. Selama bulan puasa, Gerobak Sate Tumin yang berada di Gampong (desa_red) Bugak, mulai dibuka pada pukul 16.00 WIB.

Kelebihan Sate Tumin sendiri terdapat pada daging sapi pilihan, dimana daging yang digunakan merupakan daging sapi lokal Aceh, sehingga rasa dan khasnya sedikit berbeda.

Azhari yang kerap disapa Tumin merupakan sang peracik Sate Matang yang diberi label dengan Sate Tumin. Sate hangat yang disajikan dengan nasi putih dan semangkok kuah soto bumbu kacang yang gurih dan pedas dapat menggugah selera kita.

Meskipun menggunakan daging sapi pilihan, harga yang ditawarkan per tusuk sate pun sama dengan harga sate yang kebanyakan dijual di Matangglumpang Dua, dimana harga per tusuk sebesar Rp 3 ribu rupiah.

Bila pembaca penasaran dan ingin mencicipi Sate Tumin Bugak, sang juara Festival Sate Matang, pembaca bisa langsung menyerbu Gerobak Sate Tumin Bugak. [SDR]

Editor : Abdul Halim