Sawang, Negeri Jugi Tapa Yang Layak Dijadikan Sebagai Objek Wisata Buah Durian

ceritawarga.com

SAWANG, daerah yang dikenal sebagai negeri Jugi Tapa tidak hanya memamerkan bentang alam yang indah. Namun,  juga menyimpan segudang pesona dan menjadi daya tarik bagi pendatang dari luar Sawang, bahkan Aceh pada umumnya.

Saat ini, Sawang sedang gencar dibicarakan dan dikunjungi, betapa tidak, di sana saat ini sedang musim durian. Durian Sawang cukup terkenal seantero Aceh, karena rasanya yang manis. Durian Sawang merupakan durian warisan yang tumbuh didalam hutan. Tempat dulu masyarakat membuka hutan dan menjadikannya sebagai kebun miliknya sampai sekarang.

Baca juga Mau Liburan Ke Aceh, Ini 11 Pilihan Lokasi Wisata Yang Pantas Dikunjungi

Ketika musim durian tiba, antara bulan Mei sampai Agustus. Banyak warga dari luar mengunjungi Sawang, salah satu Kecamatan  yang berada di Kabupaten Aceh Utara. Tujuannya untuk membeli durian, sambal menikmati keindahan alam Sawang bersama keluarga.

Kala musim durian tiba, warga yang memiliki kebun durian cukup beruntung, dimana warga bisa menjual hasil panen duriannya. Pada saat musim panen perdana, harga durian lumanyan mahal, namun harga berangsur stabil kala puncak panen tiba.

Durian, salah satu hasil alam yang cukup potensial di negeri Jugi Tapa, sehingga Sawang perlu dikembangkan menjadi daerah objek wisata buah, terutama durian. Kondisi pohon durian di Sawang saat ini telah berusia lama, sehingga perlu dilakukan peremajaan.

Baca juga AGC Dukung Pengembangan Ekowisata Piramida 

Untuk meningkatkan hasil panen, Sawang juga perlu memanfaatkan teknologi, sehingga hasil panen meningkat. Impian menjadikan Sawang sebagai daerah tujuah wisata buah bukan tanpa alasan, pasalnya saat ini ratus orang dari luar Sawang menuju Sawang, guna mencari durian asli Sawang.

Bila Sawang berhasil disulap menjadi daerah objet wisata buah, maka penghasilan warga tidak hanya bergantung pada hasil penjualan buah durian, namun juga pada objek lainnya, seperti selfi di kebun durian dan penyediaan jasa lainnya.

Baca juga Darwati Tabur Benih Ikan di Krueng Tangse 

Untuk mewujudkan Sawang sebagai objek wisata buah, maka perlu perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, mari kita tunggu gebrakan dari Pemerintah Aceh Utara dan instansi terkait. [ ]