Ngak Cuma Indonesia, AS Lepas 8.000 Napi Guna Cegah Covid-19

ceritawarga.com
Ilustrasi pembebasan napi (ist)

Ceritawarga.com-Pemerintah Negara Bagian California, Amerika Serikat akan membebaskan lebih dari 8.000 narapidana lebih awal, guna memperlambat penyebaran virus corona (Covid-19) di dalam fasilitas penjara negara bagian.

Baca :Puluhan Napi di Rutan Lhoksukon Kabur

Menurut otoritas negara pada Jumat (10/7/2020), beberapa penjara California sudah terinfeksi oleh wabah corona, dan departemen koreksi negara bagian mengatakan para tahanan dapat memenuhi syarat untuk dibebaskan pada akhir Agustus mendatang.

Baca :Tak Tahan Dianiaya, Gadis Aceh Utara Polisikan Ayah Kandung dan Ibu Tiri

Rilis ini menandai langkah terbesar California untuk "mendekompresi" populasi penjara dan mengurangi risiko penularan Covid-19 dengan menciptakan lebih banyak ruang untuk jarak sosial dan karantina.

"Tindakan ini diambil untuk menyediakan kesehatan dan keselamatan populasi dan staf yang dipenjara," kata Sekretaris Koreksi dan Rehabilitasi Departemen California Ralph Diaz dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters.

Lebih lanjut, tahanan dengan waktu kurungan satu tahun atau kurang akan memenuhi syarat untuk dibebaskan. Di antara para tahanan yang dikeluarkan dari pembebasan dini adalah mereka yang dihukum karena tindak pidana kekerasan dan kejahatan seks.

Langkah ini mengikuti pengurangan populasi narapidana di seluruh negara bagian sekitar 10.000 sejak pandemi dimulai.

Sumber:CNBC Indonesia