Siswa SMK-SMTI Banda Aceh Produksi Hand Sanitizer

ceritawarga.com

CERITAWARGA.COM, BANDA ACEH | Siswa  Sekolah Menengah Kejuruan Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMK-SMTI) Banda Aceh memproduksi hand sanitizer untuk pencegah penularan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

“Bahan baku produksi hand sanitizer bermerek Klona itu bersumber dari tanaman herbal,” kata Kepala Sekolah SMK SMTI Banda Aceh, Hariyanto yang dikutip media ini, pada Selasa (21/7).

Baca juga Dias Rahmatullah : Himab Siap Jadi Mitra Kritis Pemerintah 

Ia mengatakan, berdasarkan hasil uji dari sejumlah laboratorium, daya membunuh kuman dari hand sanitizer Klona itu mencapai 99 persen dan bahannya pun aman untuk kulit.

"Hand sanitizer yang kami produksi ini memuat bahan baku minyak atsiri, cengkeh, kayu putih, ekstrak sirih, lidah buaya serta gliserin. Kemudian juga mengandung alkohol, " ujar Hariyanto.

Ia menjelaskan, produksi hand sanitizer tersebut dilaksanakan atas kerjasama dengan perusahaan Owellnes We Care, anak perusahaan PT Biosentra Indonesia. Kata dia, semua bahan baku pembuatan hand sanitizer itu disediakan oleh mereka dan proses distribusinya pun mereka lakukan.

Baca juga Sekda Taqwallah Tunggu Aksi Nyata Himab 

Sementara itu, Representatif Owellness we care, Lahmudin Amar mengatakan, karena sudah dikomersialkan, maka harus bekerjasama dengan badan usaha.

“Kami menyediakan bahan baku dan melakukan distribusi, sementara pihak sekolah menyediakan SDM dan peralatan. Jadinya harga produk lebih murah, " kata Lahmudin Amar.

Amar mengatakan, kerjasama itu dimulai pada masa pandemi ini. Saat ini pihaknya mulai mendistribusikan produk tersebut ke berbagai daerah di Aceh, terutama ke sekolah, usaha perhotelan, dan swalayan. 

"Saat ini kita sedang memproses izin dari Kemenkes RI, agar produk ini bisa kita distribusikan secara nasional," ujar Amar. [ ]