Dapur Shopie, Produksi Keumamah Hingga Timphan Balon

ceritawarga.com

DAPUR SHOPIE, yang berlokasi di Gampong Uteun Geulinggang, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil (UMK) yang ada di Aceh Utara.

Dapur Shopie  memproduksi ragam jenis kue dan makanan khas Aceh, sebagai oleh-oleh yang lezat, nikmat dan bergizi.

Salah satu produk yang diproduksi Dapur Shopie adalah Keumamah, makanan khas Aceh. Selain itu, Dapur Shopie juga menyediakan Abon Ikan dan Sabu Crispi, yang bahan baku utama ikan.

Selain itu, Dapur Shopie juga memproduksi Martabak Mini Isi Sayur, Risol  biasa, Risol Ayam Lada Hitam, Risol Mayones  Thimpan,  lapis,Talam Ubi,  Ketan Srikaya atau Butai Nona Manis  dan Pai serta Thimpan Balon (Dadar Gulung) dan kue lainya, juga tersedia yang Frozen Food.

“Usaha ini telah kami rintis sekitar lima tahun,” kata Linda Wahyuni, pemilik Dapur Shopie yang dikutip media ini, pada Selasa (18/8).

ceritawarga.com

Kata dia, Dapur Shopie baru memproduksi Keumamah dan Abon Ikan sekitar satu tahun belakangan.

“Selama ini, kita memproduksi ragam jenis kue untuk acara-acara besar dan kecil yang dilaksanakan di hotel atau tempat lain di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe,” katanya.

Ia mengaku, selama pandemi Coronavirus melanda dunia pada akhir tahun 2019, termasuk Aceh, omset Dapur Shopie menurun. Kata dia, bila sebelumnya, omset Dapur Shopie mencapai puluh juta rupiah per bulan.

“Sebelumnya, kita mempekerjakan empat orang, selama pandemi Coronavirus, tinggal dua orang yang kita pekerjakan,” katanya.

Ia mengaku, selama lima tahun menjalankan usaha tersebut, Dapur Shopie belum mendapat pembinaan dari pemerintah. Kata dia, dirinya saat ini sedang mengurus sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

ceritawarga.com

“Semoga, sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) cepat keluar, dan kami bisa memproduksi Keumamah dan produk lainnya dalam jumlah besar,” kata Linda Wahyuni, yang juga salah seorang pengurus Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPC-IWAPI) Aceh Utara.

Kata dia, bila Dapur Shopie telah mengantongi sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), maka pihaknya bisa memasarkan produknya secara luas dan diedarkan  pada swalayan-swalayan di Lhokseumawe dan Aceh Utara. [ ]