Ini Jumlah Luasan Taman Nasional Komodo

ceritawarga.com
Kredit Foto : Taman Nasional Komodo [Foto/Tribunnews.com]

CERITAWARGA.COM, JAKARTA |  Taman Nasional Komodo (TNK) yang ditunjuk pada tahun 1980 memiliki label global, sebagai Cagar Biosfer (1977) dan Warisan Dunia (1991) oleh UNESCO. TNK berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Taman Nasional Komodo (TNK) seluas 173.300 hektar, terdiri dari 58.449 hektar daratan atau 33,76 persen dan 114.801 hektar perairan atau 66,24 persen.

Baca Juga : Wamen LHK Apresiasi Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat Lestarikan Satwa dan Lingkungan di Bali 

Dari luas tersebut, ditetapkan Zona Pemanfaatan Wisata Daratan seluas 824 hektar atau 0,4 persen dan Zona Pemanfaatan Wisata Bahari seluas 1.584 hektar atau 0,95 persen, sehingga pengembangan wisata alam sangat dibatasi, dan hanya dilakukan pada zona pemanfaatan tersebut.

Aktivitas wisata di Taman Nasional Komodo (TNK) selama ini telah menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Sejak ditetapkan sebagai TN hingga saat ini, sarana prasarana (sarpras) di Taman Nasional Komodo (TNK) terus dikembangkan baik untuk wisata edukasi, maupun penelitian.

Baca Juga : Parama, Anak Elang Jawa Yang Menetas di Kawasan Konservasi TNGHS 

Penataan sarpras yang sedang dilakukan di Lembah Loh Buaya Pulau Rinca Taman Nasional Komodo (TNK) oleh Kementerian PUPR telah mencapai 30 persen dari rencana yang akan selesai pada Bulan Juni 2021.

Saat ini penataan tengah memasuki tahap pembongkaran bangunan eksisting dan pembuangan puing, pembersihan pile cap, dan pembuatan tiang pancang. [ ]