Politik Adalah Seni

ceritawarga.com
Kredit Foto : Aminullah, Pembina LEMKA Foundation. [Foto/Ist]

MASING-MASING Para ahli memberikan sejumlah defenisi tentang politik, namun tujuannya tetap sama dengan yang lainnya. Berdasarkan definisi dari sejumlah ahli, politik adalah cara untuk menggapai suatu tujuan individu maupun kelompok (Masyarakat).

Namun setelah lama mencari apa yang sebenarnya cocok untuk dijadikan sebagai defenisi politik yang bisa di terima oleh seluruh rakyat, agar seluruh rakyat paham bahwa politik itu bukan hal yang buruk dan bukan hal yang tidak berguna maupun merugikan mereka. Pada dasarnya semua orang pasti berpolitik , karena didalam politik banyak sekali unsur sosialnya. Politik itu bukan hanya dilakukan oleh para politisi , tetapi para pedagang , pengusaha dan seluruh orang yang hidup didunia pasti pernah melakukakannya.

Baca Juga : Politik Ideal 

Seorang yang sangat berarti bagi saya, selalu memberikan pemahaman yang lebih jauh dan berarti, beliau adalah Ayahnda saya sendiri, beliau mendefinisikan politik sebagai keindahan atau seni. beliau juga seorang seniman yang selalu idialis dengan seni dan budaya Aceh. Beliau selalu menjaga marwah ke Acehannya.

Politik yang beliau defenisikan adalah sebagai seni untuk menjalankan atau melakasanakan suatu tanggung jawab kita umat manusia sebagai khalifah di muka bumi yang telah di tanamkan sejak kita lahir di dalam dunia ini. Politik tidak harus menjatuhkan ataupun memperburuk seseorang. Segala sesuatu harus dijalankan dengan hati yang ikhlas dan penuh ketawaan.

Pada dasarnya kita yang hidup di dunia ini harus mempelajari politik pada keseharian kita, karena kita adalah makhluk sosial yang selalu bergantung pada satu sama lain. Politik itu tidak selamanya menjadi omongan yang negatif, tetapi apabila kita menggunakannya untuk arah yang positif, maka kita sadar akan pentingnya mempelajari ilmu politik.

Baca Juga : Melihat Kembali Sejarah Hubungan Kerajaan Aceh dan Turki Utsmani 

Politik adalah seni, seni itu adalah kehidupan jika memang kita hidup pasti kita memerlukan seni, agar kita bisa menjalani kehidupan dengan nyaman dan bahagia. Begitu juga dengan politik, kita berpolitik untuk hidup yang tak lepas dari berbagai norma-norma agama. Politik tak hanya membicarakan tentang kekuasaan dan kemenangan, tetapi politik juga bicara tentang hidup untuk menanggapi situasi sosial di negara ataupun dunia, oleh karena itu manusia yang berpolitik tidak seluruhnya jahat dan memiliki tujuan yang negatif sekalipun. [ ]

Penulis : Aminullah, Pembina LEMKA Foundation. Artikel ini merupakan opini penulis.