Desa Wisata Gunung Sembilan Diresmikan

ceritawarga.com

CERITAWARGA.com, KALIMANTAN BARAT | Desa Wisata Gunung Sembilan resmi dilaunching pada Minggu, 13 Desember 2020 lalu. Desa Gunung Sembilan merupakan salah satu desa penyangga Kawasan Taman Nasional Gunung Palung atau TANAGUPA di Kecamatan Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Desa Gunung Sembilan memiliki potensi wisata yang luar biasa. Selain menawarkan pemandangan yang memukau, suasana hangat dan bersahabat, serta budaya adiluhung yang selalu menyertai kehidupan masyarakat.

Selain itu, banyak pula terdapat destinasi wisata maupun kuliner yang tersebar dari sisi utara dan selatan, serta timur dan barat Desa Gunung Sembilan. Pantai Mutiara, Pantai Mak Senik, serta Bukit Mendale merupakan beberapa destinasi wisata yang dapat ditemukan di Desa Gunung Sembilan.

Baca Juga : BTN Gunung Palung Resmikan Stasiun Riset Cabang Panti

Ada juga wisata religi, seperti makam-makam keramat ratu-ratu dari kerajaan terdahulu, yaitu Makam Ratu Soraya dan Ratu Nirmala.

“Kami sudah menggencarkan pengembangan Desa Gunung Sembilan sebagai Desa Wisata sejak 6 bulan yang lalu,” kata Kepala Balai TANAGUPA, M. Ari Wibawanto yang dikutip media ini, pada Rabu (16/12/2020).

Kata dia, pengembangan desa wisata tersebut mendapat sambutan positif dari Pemerintah Daerah Kayong Utara, dimana pemda mendukung Gunung Sembilan menjadi Desa Wisata.

Baca Juga : Pantai Senteluk, Ikon Baru Wisata Halal di NTB

“Kami juga sangat mengapresiasi semangat luar biasa masyarakat Desa Gunung Sembilan dalam mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk menjadikan Desa Gunung Sembilan sebagai desa wisata,” sebut Ari.

Ari mengaku, masih banyak hal yang harus dibenahi, sehingga Desa Wisata Gunung Sembilan menjadi tujuan wisatawan.

“Saya yakin, dengan semangat dan kerja sama semua pihak, Desa Gunung Sembilan dapat menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kalimantan Barat,” sebut M. Ari Wibawanto.

Sementara itu, Direktorat Jenderal KSDAE akan terus mendukung upaya-upaya pengembangan wisata di sekitar Kawasan konservasi. Desa Gunung Sembilan adalah desa penyangga kawasan, sehingga masyarakat disini bisa mendapatkan manfaat dari kawasan tanpa harus merusaknya.

Baca Juga : Keren, Kemendes Kembali Wacanakan Pengiriman Kades, Pendamping Desa dan Penggiat Desa Studi Banding Ke Luar Negeri

“Potensi yang ada di desa ini sangat luar biasa. Ada pantai, sawah dan gunung yang berada di satu hamparan. Kami dari Ditjen KSDAE akan selalu mendukung teman-teman disini melalui Balai TANAGUPA untuk bisa selalu mendampingi masyarakat di Desa Gunung Sembilan ini mengembangkan wisatanya dengan inovasi, perencanaan yang baik, kebersihan yang terjaga, dan sebagainya,” kata Sapto.

Sementara itu, Bupati Kayong Utara, Drs. Citra Duani mengungkapkan, bahwa Desa Gunung Sembilan memiliki potensi wisata dan kuliner yang harus dikembangkan secara optimal serta berinovasi untuk menciptakan suasana baru yang dapat menarik para pengunjung.

“Pengembangan wisata ini perlu segera dilaksanakan, sehingga peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Desa Gunung Sembilan dapat membawa dampak langsung bagi masyarakat, terutama yang bergerak di sektor wisata dan kuliner,” harap Bupati Duani.

Baca Juga : Kala Desa Rantoe Sabon Berjuang Untuk Mengembalikan Kejayaan Minyak Astiri di Aceh Jaya

Bupati Duani berpesan, agar pengelola wisata menjaga kebersihan, karena ciri khas wisata kita harus bersih dan bersinar.

“Saya meyakini, jika penduduk desa bisa melakukan hal tersebut, wisatawan pasti akan berbondong-bondong datang kesini,” katanya.

Bupati Duani berjanji, pemerintah daerah akan segera mengeluarkan SK Desa Gunung Sembilan menjadi Desa Wisata, agar 42 desa lainnya di Kabupaten Kayong Utara dapat menjadikan Desa Gunung Sembilan sebagai contoh. [ ]