Loram Wetan, Objek Percontohan Desa Cerdas di Indonesia

ceritawarga.com

CERITAWARGA.com, JAWA TENGAH | Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah merupakan objek percontohan desa cerdas di Indonesia. Proyek percontohan itu dilucurkan pada 21 Desember 2017 silam.

Pilot project desa cerdas tersebut diluncurkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kudus, Jawa Tengah.

Baca Juga : Kambuk Gelar Perlombaan Bayi dan Balita Sehat

Desa cerdas sendiri bertujuan untuk mendorong pelaksanaan program pelayanan publik berkualitas yang diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat desa.

Kehadiran desa cerdas diperlukan sebagai upaya untuk mengakselerasi pembangunan desa dengan cara meningkatkan kecerdasan, kesejahteraan, dan keharmonisan masyarakat lokal.

Baca Juga : Desa Wisata Gunung Sembilan Diresmikan

"Apa yang khas di Kudus belum tentu dimiliki warga di tempat lain. Hal seperti ini yang harus dikelola dan dirawat oleh desa cerdas," kata peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro yang dikutip dari katadesa.id, pada Sabtu (2/1/2021).

Menurut Siti Zuhro, ciri-ciri daerah yang maju ditandai dengan makin sadarnya soal jati diri dan harga diri masyarakat, sehingga akan tersinggung ketika ada yang membayar hak politiknya.

Baca Juga : Mendes PDTT Beri Perhatian Kepada 10 Ribu Desa yang Masih Tertinggal

 

4 Pilar Desa Cerdas

Untuk melahirkan desa cerdas berbasis teknologi informasi, maka diperlukan empat pilar, yaitu :

1.    Smart People

Sebuah program yang menjadi tempat dan sumber informasi tentang ilmu pengetahuan secara luas yang dibutuhkan oleh masyarakat.

2.    Smart Governance

Sebuah program yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menerapkan e-governance, mempermudah pelayanan publik dan mempermudah penyebaran informasi pembangunan kepada masyarakat secara transparan, akuntabel dan mendidik.

3.    Smart Economy

Kumpulan program ekonomi cerdas dengan meningkatkan keterlibatan masyarakat melalui kegiatan produktif berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengakselerasi percepatan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

4.    Smart Living/Environment

Sebuah program yang menginisiasi warga untuk menciptakan lingkungan yang sehat, asri, bersih, asli dan rapi [SABAR] dalam rangka menjaga lingkungan desa demi anak cucu di masa mendatang secara berkelanjutan.

Dengan adanya edukasi, warga Desa Loram Wetan saat ini benar-benar bisa memanfaatkan kehadiran teknologi informasi ini.

Warga juga bisa saling berbagi informasi. Pun kegiatan atau program desa bisa diakses masyarakat.

Salah satu media yang mereka manfaatkan untuk membentuk ekosistem itu adalah facebook. Di sini bisa kita lihat bagaimana mereka saling berinteraksi dan saling berbagi informasi secara produktif. [ ]