Panorama Batu Alafan di Ujung Barat Kepulauan Simeulue

ceritawarga.com
Kredit Foto : Objek Wisata Batu Alafan [Foto/Naira]

PULAU Simeulue merupakan Pulau terdepan yang berada disebelah barat Indonesia yang terletak di Samudera Hindia. Kabupaten Simeulue merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat pada tahun 1999. Jarak Pisah antara daratan Provinsi Aceh dengan Pulau Simeulue sekitar 150 KM.

Akses transportasi menuju Pulau Simeulue dapat menggunakan transportasi udara dan Laut. 

Transportasi laut dari daratan Provinsi Aceh menuju Pulau Simeulue melalui Pelabuhan Aceh Jaya, Pelabuhan Bubon, Aceh Barat, Pelabuhan Ujung Karang, Aceh Barat, Pelabuhan Labuhan Haji, Pelabuhan Tapak Tuan dan Pelabuhan Singkil menuju Pelabuhan Teluk Sinabang, Simeulue.

Baca Juga : Mahasiswa KKN Unimal Belajar Mansinasa, Kebiasaan Masyarakat Simeulue Yang Mulai Luntur

Setiap titik keberangkatan pelabuhan memiliki jarak tempuh yang berbeda dengan kisaran rata-rata 8-14 jam perjalanan.

Sementara bagi pengunjung yang ingin menggunakan jalur transportasi udara bisa dilakukan melalui Bandar Internasional Sultan Insandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar dan Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara menuju Bandara Lasikin, Simeulue.

ceritawarga.com

Setiba di Pulau Simeulue, pengunjung dapat menikmati indahnya panorama alam yang indah dan asri. Salah satunya adalah objek wista Batu Alafan yang terletak di Kecamatan Alafan, Simeulue.

Objek wisata tersebut terletak di bagian ujung Barat Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Untuk mencapai objek wisata Alafan, pengunjung harus menempuh perjalanan selama dua jam dari pusat Ibu Kota Simeulue dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat.

Baca Juga : DPD-PDIP Aceh Ikut Rapat Penanganan Covid-19 dengan Megawati

Setiba dilokasi, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dan laut. Selain itu, keberadaan batu besar yang memanjang ke laut  menambah pesona alam yang menawan.

Selain itu, pantai Batu Alafan memiliki daya tarik tersendiri, mualai dari ombak yang tergolong tenang ditambah dengan warna pasir yang berwarna putih menambah nilai keindahan pada pantai tersebut.

Namun ada hal yang merusak keindahan pantai, dimana sampah  plasti,  seperti botol kemasan dan limbah kelapa muda yang bertebaran di pantai. Pengunjung dan Pedagang setempat masih kurang peduli terhadap keindahan pantai, semoga semua dapat menjaga keidahan pantai dan laut di objek wisata Alafan tersebut. [ ]

ceritawarga.com
Editor : Abdul Halim