Teknologi

ceritawarga.com

DIMASA saat ini teknologi bagian yang saat kita butuhkan, apalagi disaat ini dimasa pandemi ini banyak aktivitas dilakukan secara online, seperti belajar, kerja, rapat, berbelanja, bertransaksi dan lain-lain. Itu berarti teknologi di masa sekarang saat membantu umat manusia. Tanpa kita sadar saat ini kita sudah memasuki di era digital. Era digital adalah era dimana segala aktivitas dilakukan menggunakan teknologi.

Dimasa yang sekarang banyak manusia yang diuntungkan dari teknologi seperti dapat menghasilkan uang dari internet, dapat bekomunikasi dengan mudah dan cepat, dapat memudahkan pekerjaan dan lainnya. Dan tidak semua orang pula diuntungkan dari teknologi. Sebagian manusia juga pernah dirugikan dari kemajuan teknologi ini seperti peretasan akun bank, kehancuran tempat tinggal dan kematian akibat teknologi rudal atau bom, disebarkannya informasi privasi atau rahasia yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi intinya tidak semua orang merasakan keuntungan dari kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Di masa pandemi ini digitalisasi mambuat kita tetap berdaya. Gimana tidak, disaat pemerintah megeluarkan perintah agar masyarakat tidak keluar rumah agar dapat mengurangi penyebaran Covid-19, kita dapat melakukan beberapa aktivitas penting seperti belajar, belanja, bekerja, dan lain – lain dapat dilakukan secara virtual atau online. Contoh teknologi yang kita gunakan saat pandemi ini adalah untuk melakukan rapat kerja dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom, Meet, dan lainnya.

Baca Juga : Mendes PDTT Beri Perhatian Kepada 10 Ribu Desa yang Masih Tertinggal

Perkembangan teknologi juga penyebab utama membuat manusia kehilangan pekerjaannya. Selain bermanfaat teknologi juga dapat merugikan umat manusia, salah satu nya dengan menghilangkan pekerjaan manusia. Dengan berkembangnya teknologi dengan pesat pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia dapat digantikan oleh robot. Kita bisa lihat dimasa sekarang banyak perusahaan menggunakan robot untuk menggantikan buruh, di beberapa negara taksi bisa berjalan tanpa ada pengemudinya yang berarti perkerjaan supir akan hilang, dan beberapa pekerjaan lainnya. Itu berarti dimasa yang akan datang manusia dapat dikalahkan oleh buatannya sendiri.

Ada juga teknologi yang dapat mengancam kehidupan umat manusia. Teknologi itu adalah Teknologi Nuklir. Jika terjadi nya perang nuklir maka Sebagian populasi dunia akan musnah secara langsung atau perlahan. Jika nuklir diledakkan tidak hanya ledakan yang dapat membunuh umat manusia tapi radiasinya juga dapat membunuh manusia. Contoh kasus efek kerugian yang dialami akibat teknologi nuklir pernah terjadi di Hiroshima dan Nagasaki, banyak manusia yang tidak bersalah mati akibat teknologi tersebut.

Baca Juga : Dokter Reisa Blak-blakan Tentang COVID Hingga Kisah Hidupnya di Program Ini

Berkembangnya teknologi berarti berkembangnya pengetahuan manusia. Manusia berhasil membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, contohnya pesawat terbang, yang dulu mengatakan mustahil manusia bisa terbang dan sekarang manusia bisa terbang. Teknologi juga berkembang akibat rasa penasaran manusia akan hal yang belum pernah dilihat.

Teknologi tidak selalu bermanfaat bagi umat manusia. Tergantung pengguna teknologi tersebut, apabila penggunanya baik maka teknologi itu akan bermanfaat dan apabila penggunanya jahat maka teknologi akan merugikan manusia. Kita tidak bisa terus bergantung pada teknologi, ada juga beberapa kegiatan yang dapat dilakukan tanpa harus adanya teknologi. Dimasa depan manusia harus bisa bersaing dengan teknologi, dapat kita lihat saat ini teknologi dapat menggantikan pekerjaan manusia. Maka karena itu manusia kedepan harus dapat bersaing dan bekerja sama dengan teknologi.

*Penulis

MUHAMMAD FAUZAN, Mahasiswa Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe.