Tingkatkan PAG, Paya Rabo Lhok Jalankan 3 Unit Usaha

ceritawarga.com

CERITAWARGA.com, ACEH UTARA | Gampong Paya Rabo Lhok, Kecamatan Sawang, Aceh Utara merupakan salah satu gampong yang terus memanfaatkan Dana Desa untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Pada tahun-tahun pertama dikucurkan Dana Desa tahun 2015 lalu, Gampong Paya Rabo Lhok memanfaatkan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai pembangunan infrastruktur, seperti jalan antar dusun dan lorong.

Baca Juga : BUMG Pulo Keumiro Launching Unit Usaha Batu Bata Hebel

Pembangunan infrastruktur tersebut bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat dalam beraktivitas, seperti kegiatan ekonomi, sosial, dan agama.

Setelah pembangunan infrastruktur selesai dilakukan, penggunaan dana tersebut pun digunakan untuk meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia, terutama masyarakat kurang mampu dan pemuda.

Baca Juga : Kesebelasan Pelajar Rebut Juara Pertama Turnamen Bola Kaki Hut BUMG Harapan Jaya

Pada tahun 2019, melalui musyawarah, Gampong Paya Rabo Lhok pun mendirikan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Harapan Jaya. Gampong Paya Rabo Lhok pun mengalokasikan ratusan juta Dana Desa untuk menggerakkan BUMG Harapan Jaya, guna meningkatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG).

Saat ini, BUMG Harapan Jaya menjalankan tiga unit usaha, terdiri dari Unit Usaha Peternakan Kambing, Unit Usaha Warung Kelontong dan Pangkalan Gas LPG 3 Kg.

Baca Juga : BUMG Bisa Menjadi Solusi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg

Keberadaan unit usaha Gas LPG 3 Kg yang dimiliki BUMG Harapan Jaya cukup bermanfaat bagi warga, keberadaan unit usaha tersebut juga dapat mengatasi kelangkaan Gas LPG 3 Kg yang sering terjadi.

Warga Paya Rabo Lhok pun merasa beruntung dengan keberadaan BUMG tersebut. [ ]