Selain Bromo, Ini Tempat Wisata di Probolinggo

ceritawarga.com

GUNUNG Bromo, salah satu destinasi wisata yang terletak di empat kabupaten, terdiri dari Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang, Jawa Timur.

Seperti dilansir Katadesa.id, wisatawan yang mengunjungi Bromo bisa menemui suku Tengger. Setiap tahun mereka melakukan tradisi Kasada. Wisata budaya itu telah mendunia.

Untuk menuju Bromo, wisatawan bisa melewati jalur Malang, Lumajang, Pasuruan, atau Probolinggo.

Baca Juga : Pulau Bonol, Destinasi Wisata Bahari di Simeulue

Namun, destinasi wisata di Probolinggo tidak hanya Bromo. Banyak lokasi wisata yang bisa singgahi. Salah satunya Bermi.

Bermi sendiri berada di wilayah Kecamatan Krucil, Probolinggo. Bermi terletak di lereng Gunung Argopuro.

Memang, nama Bermi tak semegah Bromo. Namun sebenarnya pesonanya tak kalah dengan Bromo.

Wisata alam yang terdapat di Desa Bermi meliputi jalur pendakian gunung Argopuro, air terjun, perkebunan kopi, dan Danau Taman Hidup.

Baca Juga : Loram Wetan, Objek Percontohan Desa Cerdas di Indonesia

Danau Taman Hidup sendiri memiliki keunikan yaitu dapat mendatangkan kabut dengan sendirinya saat ada wisatawan yang menghasilkan suara ribut.

Keberadaan kabut tersebut akan menghilang dengan sendirinya saat suasana hening, namun akan kembali datang, jika wisatawan kembali membuat suara ribut.

Selain itu juga ada wisata buatan. Wisata ini dikenal dengan nama Bermi Eco Park (BEP). Ada cerita yang menarik di Bermi Eco Park (BEP).

Baca Juga : Desa Wisata Gunung Sembilan Diresmikan

Menurut Ketua Bermi Eco Park, Purwanto Raharjo, ketika zaman penjajahan Belanda, lokasi BEP merupakan tempat yang kerap digunakan Belanda untuk rekreasi dan olah raga.

Di lahan BEP itu juga melintas aliran sungai Si Nyonya. Si Nyonya merupakan salah satu dari 12 aliran air dari lereng pegunungan Argopuro yang masih aktif.

Aliran air Si Nyonya itu mengalir ke embung yang digunakan untuk kebutuhan irigasi lahan pertanian warga Desa Bermi dan Desa Krucil.

Baca Juga : Leupung Jadi Target Kawasan Agrowisata, Bupati Mawardi Ali Tinjau Lokasi

Disebut Sungai Si Nyonya, karena dulu sungai itu sering dijadikan nonik-nonik Belanda untuk mandi.

Berkunjung ke Bermi, wisatawan juga bisa melihat dan membeli sayur-mayur dan buah dari petani setempat, seperti kubis, kacang panjang, durian, manggis, alpukat, dan hasil kebun lainnya. [ ]