Catut Nama Tim Haji Uma, Pelaku Tipu Warga Aceh di Malaysia

ceritawarga.com

CERITAWARGA.com, MALAYSIA | Upaya penipuan terhadap warga Aceh yang berada di negeri jiran Malaysia dengan mencatut nama Nazaruddin Bin Ismail dan Faisal Bin Ilyas, tim anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), H Sudirman gencar dilakukan oknum tidak bertanggungjawab dalam beberapa hari terhakhir.

Modus operandi, pelaku mengirim pesan melalui WhatsApp kepada korban dengan menawarkan jasa pengurusan keluar dari Malaysia. Selain itu, pelaku juga meminta bantuan dana untuk warga Aceh yang tertimpa musibah di Malaysia.

Pelaku tak hanya menargetkan warga Aceh di Malaysia, tetapi juga warga Aceh di Indonesia, dimana pelaku menawarkan jasa pengurusan masuk ke Malaysia melalui jalur ilegal dengan biaya Rp 4 juta rupiah per orang.

Baca Juga : Haji Uma dan YARA Bantu Rujuk Aqila Fitriana, Balita Gizi Buruk Ke RSUD Zainoel Abidin

Saat melancarkan aksinya, pelaku mengaku sebagai Abu Saba dengan menggunakan nomor WhatSapp 083192444530 dan memasang foto profil Abu Saba.

Bagi warga Aceh yang ada di Indonesia ingin masuk ke Malaysia, pelaku meminta korban agar mengirimkan sejumlah uang untuk bocking tiket dengan besaran dana yang bervariasi melalui rekening bank BNI 0971816933 atas nama Zulkifli.

Pelaku juga meyakinkan korban, bahwa setiap minggu empat kali pulang pergi Aceh-Malaysia dengan membawa 10 orang TKI melalui jalur laut yang tidak resmi.

Baca Juga : Terkait Pilkada Aceh, Haji Uma Minta Pemerintah Pusat Tidak Ciptakan Konflik Baru

“Benar, Abu Saba sudah memberitahukan kepada saya terkait aksi penipuan yang mencatut Namanya,” kata Haji Uma, sapaan akrab H Sudirman yang dikutip media ini, pada Jum’at (12/2/2021).  

Haji Uma pun menyarankan, agar Abu Saba melaporkan kepada kepolisian dengan ikut ditembuskan kepada KBRI Kuala Lumpur.

Abu Saba merupakan sosok warga Aceh yang cukup familiar di negeri jiran Malaysia, karena sejumlah aksi sosial dalam rangka membantu pemulangan jenazah, orang sakit dan orang terlantar dari Malaysia ke Aceh.

Baca Juga : Haji Uma Bantu Pengobatan Nazriah, Warga Madat Yang Mengindap Kanker

Kegiatan sosial itu dilakukan Abu Saba bersama dengan senator DPD- RI Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh, Haji Uma dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia.

Sejak memulai aksinya pada tanggal 07 Februari sampai tanggal 10 Februari 2021, pelaku diyakini sudah melakukan penipuan terhadap puluhan orang, hal tersebut diketahui Abu Saba setelah 17 orang warga Aceh di Malaysia dan di tanah air menghubunginya, seraya menanyakan kebenaran komunikasi dirinya dengan pelaku yang mengaku sebagai Abu Saba.

“Dari 17 orang yang menghubungi saya, 4 diantarnya sudah mengirim sejumlah uang ke rekening yang ditunjuk pelaku,” ungkap Abu Saba. [ ]