Pemerintah Aceh Apresiasi Keberadaan IWAPI

ceritawarga.com

CERITAWARGA.com, BANDA ACEH | Pemerintah Aceh mengapresiasi keberadaan Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) di Aceh. Organisasi tersebut selama ini dinilai aktif memperkuat pemberdayaan  perempuan, khususnya di dunia usaha. Terbukti, tidak sedikit perempuan Aceh yang sukses dalam bisnis setelah mendapat supervisi dari IWAPI Aceh.

“Keberadaan dunia usaha sangatlah penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Jika dunia usaha berkembang, maka lapangan kerja pasti terbuka, ekonomi rakyat juga akan semakin semarak,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Ir. Mawardi, saat membuka Rapat Kerja IWAPI Aceh  yang kedua, di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, pada Rabu 24 Februari 2021 kemarin.

Baca Juga : Sambut Hut Ke 46, IWAPI Aceh Utara Gelar Tasyakur

Rapat Kerja IWAPI Aceh diikuti oleh pengurus  DPC IWAPI kabupaten/kota  se Aceh.

Menurut dia, semangat kewirausahaan harus diperkuat di Aceh, agar aktivitas usaha rakyat kian berkembang.

“Untuk membangkitkan semangat kewirausahaan ini dibutuhkan peran berbagai elemen masyarakat. Dalam hal ini saya sangat bangga, sebab sekelompok perempuan yang aktif dalam dunia usaha di Aceh. Dengan membangun kebersamaan melalui IWAPI yang bertujuan mendorong agar peran perempuan di sektor swasta lebih meningkat,” kata Mawardi.

Baca Juga : IWAPI Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir Aceh Utara

Mawardi menambahkan, langkah yang dilakukan IWAPI Aceh itu layak mendapat dukung bersama. Sebab, kata dia, potensi perempuan dalam pembangunan Aceh pada dasarnya sangat besar, hanya saja belum dimanfaatkan secara optimal.

“Semoga, Raker IWAPI Aceh dapat melahirkan program pelatihan bagi perempuan, agar lebih adaptif dengan dunia digital dalam menjalankan usahanya,” pesan Mawardi.

Menurut dia, hal tersebut sangat penting pada zaman teknologi informasi saat ini, mengingat dunia tengah di landa Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga : IWAPI Aceh Utara Gelar Pelatihan Pemasaran Berbasis Online

“Kita ketahui bersama, pada masa  yang akan datang nanti, tidak akan ada lagi usaha yang tidak tersentuh unsur digital. Maka itu saya berharap kiranya IWAPI Aceh bisa menyiapkan program dalam rangka memperkuat sistem digitalisasi bagi usaha yang dikelola perempuan,” tutur Mawardi.

Ia yakin, dengan sentuhan dunia digital, sektor UKM dan UMKM di Aceh tidak hanya bisa menjangkau  pasar lokal, tapi akan mampu berkiprah di tingkat nasional. [ ]