Pada Usia Ke 45, IWAPI Terus Bebuat Untuk Memandirikan Perempuan

ceritawarga.com

CERITAWARGA.com, BANDA ACEH |  Ketua Umum (Ketum) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), Dyah Anita Prihapsari, mengatakan, pada usia ke 45 tahun, IWAPI telah berperan dalam banyak hal, teruutama terkait dengan peningkatan kapasitas perempuan menjadi mandiri melalui dunia usaha.

“IWAPI saat ini merupakan organisasi perempuan terbesar di Indonesia, bahkan Asia. Program kerja kami fokus 3 hal, yaitu, pengembangan SDM, pemasaran dan penambahan  modal bagi usaha perempuan,” kata Ketum IWAPI, Dyah Anita Prihapsari pada pembukaan Rapat Kerja (Raker) IWAPI Aceh yang digelar, pada Rabu 24 Februari 2021 di Hotel Hermes Palace Banda Aceh.

Dyah Anita mengajak pengurus IWAPI Aceh untuk beradaptasi dengan dunia digital dalam menjalankan usahanya. Sebab, kata dia, berbagai sektor kehidupan di masa kini tidak luput dari digitalisasi.

Baca Juga : Pemerintah Aceh Apresiasi Keberadaan IWAPI

“Pandemi Covid-19 yang melanda dunia mengharuskan kita memanfaatkan dunia digital,” sebut Anita.

Anita menjelaskan, ada empat strategi yang harus dijalankan pengurus IWAPI. Pertama, kata dia, beradaptasi dengan kondisi perubahan zaman, kemudian berinovasi dan kreatif.

“Selanjutnya, mengaplikasikan digitalisasi dalam dunia usaha dan terakhir menjalin kolaborasi, baik antar pengusaha maupun pemerintah,” pesan Anita.

Sementara itu,  Ketua DPD IWAPI Aceh, Rosi Malia, mengatakan, pelaksanaan Rapat Kerja tersebut menjadi forum untuk membahas dan bertukar pikiran dalam menghadapi tantangan dan dinamika lembaga.

Baca Juga : Sambut Hut Ke 46, IWAPI Aceh Utara Gelar Tasyakur

“Sebuah lembaga perlu mengkaji kembali terhadap program-program yang sudah ada dan yang belum dilakukan. Kelemahan dan masalah apa saja yang dihadapi selama kepengurusan, serta merumuskan langkah-langkah penyempurnaan bagaimana yang harus dilakukan untuk kedepannya,” ujar Rosi.

Rosi menuturkan, Rapat Kerja Daerah DPD IWAPI ACEH itu merupakan momentum yang sangat tepat dalam upaya menggairahkan dan menghidupkan serta membawa lembaga ke arah perubahan yang lebih baik.

Baca Juga : IWAPI Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir Aceh Utara

“Saya perlu mengingatkan pengurus agar meningkatkan kemampuan untuk membangun komunikasi yang efektif dengan masyarakat maupun pemerintah daerah. Sehingga semua program yang dijalankan organisasi itu dapat disinergikan dengan kebijakan pemerintah,” pinta Rosi kepada pengurus IWAPI kabupaten/kota.

Rosi menyebutkan, ada beberapa fokus yang harus dilaksanakan oleh para pengurus IWAPI, diantaranya mendorong lahirnya perempuan yang mandiri dan berdaya saing, terutama di era industri 4.0 dengan menyisir semua elemen di semua daerah.

“IWAPI berperan agar perempuan terangkat harkat dan martabatnya, sehingga mandiri secara ekonomi dan memandirikan orang lain, dengan membuka peluang kerja melalui usaha. Kita harapkan IWAPI menjadi garda depan dalam mewujudkan hal ini,” pungkas Rosi. [ ]