Atasi Persoalan Sampah, ADUPI Bantu Mitra Kolektor

ceritawarga.com

CERITAWARGA.com, JAKARTA | Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) kembali menunjukkan dukungan kepada mitra ADUPI yang terpilih, masing-masing UD. Mulya Jaya Plastik dan UD. Raisa Naura, pada Senin 26 April 2021.

“Dukungan ADUPI ini bagian dari Program Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional,” kata Ketua Umum ADUPI, Christine Halim yang dikutip media ini, pada Selasa (27/4/2021).

Menurut dia, sebagai bentuk implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen, ADUPI bersama LeMineral sejak Februari 2021 lalu terus melanjutkan aksi nyatanya secara berkesinambungan dalam mencapai target pengurangan.

Baca Juga : Sukses Story Pengelolaan Sampah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Di Aliran Sungai

“Caranya dengan bekerja sama dengan para kolektor berijin (punya legalitas usaha) yang mana para kolektor tersebut ditingkatkan kapasitasnya secara bertahap, baik dari segi kemampuan administrasi dan manajemen usaha, permodalan dan pengetahuan mereka dalam menyerap bahan baku daur ulang sehingga tidak terbuang menjadi sampah dan berpotensi mencemari lingkungan,” katanya.

Kata dia, ADUPI telah merancang program dan berkomitmen membantu dalam gerakan nasional ini untuk beberapa tahun kedepan.

Baca Juga : Bupati Muzakkar Serahkan 120 Unit Tong Sampah Kepada KBG

“Semoga, UD. Mulya Jaya Plastik dan UD. Raisa Naura dapat menjadi contoh bagi kolektor lainnya,” harap Christine Halim. [ ]